Laman

Sabtu, 22 Mei 2010

Telinga Emas Tameng Stres

Kebanyakan orang yang mengalami stres disebabkan karena ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap kekayaan atau penghargaan, namun kesabarannya untuk menjalani proses untuk mencapai kesuksesan itu tidak sebanding dengan perjalanan menuju sukses tersebut.

Seorang rekan yang memiliki gaji 7 juta/bulan tidak puas dengan penghasilannya tersebut, seiring dengan waktu dia mencoba untuk bersabar menunggu Perusahaan menaikan gajinya, namun karena ekspektasi dan kebutuhan hidupnya melebihi kenyataan yang ada maka rekan saya itu menjadi stres dan frustasi hingga kehilangan kesabaran dan bersikap memberontak.

Perlu diketahui bahwa salah satu resep paling penting untuk mencapai kesuksesan dalam hampir  semua aspek kehidupan- baik itu pribadi maupun profesional. Sayangnya, bagi kebanyakan kita, ini juga salah satu kelemahan paling besar. Namun perbaikan sekecil apapun dalam keterampilan mendengarkan saya yakin dapat membuahkan hasil yang luar biasa dalam wujud hubungan yang lebih baik, kinerja yang meningkat, dan betul, juga berkurangnya stres!

Sempatkan diri beberapa menit dari jam kerja anda untuk mengukur keterampilan mendengarkan ditempat kerja dengan cara mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, beberapa contoh pertanyaan yaitu :
  1. Apakah anda mendengarkan mitra kerja anda dengan tulus
  2. Apakah Anda membiarkan mereka mengungkapkan jalan pikiran mereka sampai selesai sebelum mengambil alih pembicaraan?
  3. Apakah kadang-kadang anda menyelesaikan kalimat yang sedang diucapkan orang lain?
  4. Dalam rapat , apakah anda sabar dan responsif?atau sebaliknya tidak sabar dan reaktif?
  5. Apakah anda mau menunggu orang lain selesai berbicara, atau apakah anda merasa tahu yang akan dikatakan olehnya, maka anda langsung menyimpulkan?
kebanyakan orang yang telah saya tanyai dan amati (termasuk saya sendiri), mengakui bahwa, setidak tidaknya keterampilan mendengarkan masih perlu ditingkatkan.

Ada berbagai alasan mengapa mendengar yang efektif dapat menjadi teknik pengurang stres yang luar biasa.

Pertama, orang yang mendengarkan  dengan baik adalah orang yang sangat dihormati dan dicari. Tokoh pendengar yang betul-betul tulus jarang sekali sehingga bila anda berada dekat salah satu dari mereka anda merasa tentram, dan orang itu dapat membuat anda merasa istimewa. karena para pendengar efektif disukai oleh orang-orang yang bekerja dengan mereka, mereka terhindar dari berbagai aspek kerja yang umunya mendatangkan stres-ditohok dari belakang, dibenci, disabot, dan disindir. Para pendengar yang baik mudah untuk bergaul, maka tidak mengherankan bila anda menjadi pendengar yang lebih baik, barangkali akan banyak orang didekat anda yang menawarkan bantuan. Orang cenderung loyal kepada pendengar yang baik karena mereka merasa dihargai dan dihormati.

Kedua, mendengar efektif membantu anda memahami apa pun yang diutarakan oleh seseorang begitu mereka mengatakannya, jadi memungkinkan anda terhindar dari kekeliruan dan salah tafsir yang, anda tahu sendiri, dapat menimbulkan stres berat. jika anda bertanya kepada orang tentang apa yang membuat mereka frustasi dan marah, banyak yang akan menjawab bahwa "tidak didengarkan" merupakan alasan utama di samping sejmulah alasan penting lain. maka, lebih menaruh perhatian kepada yang diucapkan orang lain juga membantu anda menghindarkan, atau kebanyakan, konflik pribadi. Yang terakhir, mendengarkan efektif adalah penghemat waktu  yang luar biasa karena menghindakan anda dari kesalahan-kesalahan konyol. Perintah atau imbauan dari orang lain menjadi jelas, maka anda terhindar dari kekeliruan yang tidak perlu, yang koreksinya sangat memakan waktu.

Mendengar efektif merupakan salah satu strategi luar biasa yang dapat memberikan hasil langsung dan nyata. Anda mungkin harus berupaya sedikit lebihkeras tetapi bila demikian, hasilnya akan sangat berharga. Orang yang bekerja dengan anda mungkin tidak dapat menunjukan dengan tepat apa yang membuat anda berbeda, tetapi mereka akan mengetahui perbedaan itu dari yang mereka rasakan bila berada dekat anda, atau ketika sedang berbincang-bincang dengan anda. dan, selain menjadi lebih disukai dan dikagumi, anda akan merasa menjadi lebih tenang dan lebih damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar