Laman

Sabtu, 22 Mei 2010

Bingung Cari Cara Melepaskan Stres??

Apakah anda sedang mengalami stres?
Apakah Anda mencari cara untuk menghilangkan stres?
Apakah Anda hobi membaca?????

Anda pasti bertanya-tanya kenapa pertanyaan terakhir saya tulis, karena sekilas tidak ada hubungannya antara stres dengan membaca, daripada anda bingung memikirkan hubungan antara membaca dengan stres mendingan baca aja paragraf dibawah ini sampai tuntas.
Saya pernah mengalami stress yang cukup berat hingga masuk kategori distres dan pada saat itu saya berusaha untuk mengubahnya agar menjadi eustres dengan berbagai cara mulai dari menggunakan logika sendiri, bertanya kepada orang sekitar, menonton TV, mendengarkan musik, berolahraga, browsing internet dan berbagai hal lainya. saya sendiri adalah seorang yang suka membaca, namun pada saat dilanda stres saya tidak mempunyai keinginan untuk membaca buku-buku saya.

Seandainya saja saya tahu ini dari dulu.......  

Ternyata hobby yang satu ini tak hanya dapat menambah wawasan tapi juga bisa menjadi solusi jitu dan murah untuk meredam stres. Membaca meskipun hanya selama enam menit diyakini para peneliti dapat merelakskan pikiran dan mengurangi tingkat stres yang Anda alami.

Apa yang harus anda baca saat Anda tengah dilanda stres?Apa yang anda baca agar anda terhindar dari Stres?Seseorang yang berpandangan sempit akan menyebutkan bahwa yang disebut dengan membaca hanyalah membaca tulisan padahal yang paling bernilai untuk kesuksesan seorang anak manusia adalah membaca kehidupan. begitu juga dalam mengobati stres sebagaimana disebutkan dalam paragraf diatas. seseorang yang mempunyai kemampuan, kemauan, dan usaha untuk membaca kehidupan maka orang tersebut akan pulih dengan sangat cepat saat dia tengah dilanda stres dan dia tidak akan tersentuh oleh stres apapun masalah yang dia hadapi.

kemampuan membaca kehidupan diyakini sangat jitu dan bekerja dengan cepat bila dibandingkan dengan metode lainnya seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan atau berdiam diri sambil menikmati suguhan secangkir teh.

Membaca buku adalah salah satu alat yang dinilai objektif untuk penelitian ilmiah mengenai keefektifan metode penanggulangan stres. Dari penelitian yang dilakukan di Barat membuat para ahli yakin bahwa membaca buku merupakan metode penanggulan stres yang paling efektif.

Para psikolog meyakini hal ini terjadi karena pada saat membaca, pikiran seseorang akan terpusat dan berkonsentrasi pada bahan bacaan sehingga tekanan pada otot dan jantung mengendur. Penelitian itu dilakukan oleh para peneliti dari Unversitas Sussex, Inggris dengan melibatkan sejumlah responden.

Para responden yang diketahui sedang mengalami stres diberikan berbagai pilihan metode tradisional penghilang stres. Hasilnya menunjukan, stres yang diderita berkurang hingga hingga 68 persen pada saat mereka membaca. Responden hanya perlu membaca dengan tenang selama 6 menit untuk menurunkan kecepatan detak jantung, tensi darah serta ketegangan otot.

Sementara metode lainnya seperti mendengarkan musik hanya dapat mengurangi tingkat stres sebanyak 61 persen, menikmati secangkir teh atau kopi hangat hanya 54 persen, berjalan-jalan hanya mampu mengurangi stres 42 persen dan bermain video games hanya 21 persen.

Menurut Dr Lewis, selaku pemimpin riset, membaca merupakan cara terbaik untuk melupakan sejenak kenyataan-kenyataan yang tidak menyenangkan terutama saat menghadapi perekonomian yang serba tidak menentu ini. Lebih lanjut Ia juga mengatakan, tak masalah jenis buku apa yang Anda baca, asalkan Anda terpikat dan terlarut dalam bacaaan tersebut maka Anda akan terhindar dari rasa gelisah dan stres yang menghantui hari-hari Anda.

Melarutkan diri ke dalam buku bacaan merupakan cara terbaik untuk relaksasi, membaca kehidupan yang tengah dialaminya saat ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres maupun menangkal stres.

Rahasia menggunakan resep yang satu ini adalah :
  1. Anda harus bacanya dengan cara diucapkan, jangan hanya dibaca dalam hati saja
  2. Ucapkanlah apa yang anda baca jangan terlalu keras dan jangan terlalu pelan
  3. Buatlah diri anda relaks dalam membaca
  4. Bacalah apa saja yang ada disekitar anda

Saya pernah mengalaminya sendiri dan saya pernah mencobakan ke rekan kantor saya yang sedang dilanda stres disebabkan tekanan pekerjaan dan tekanan dari atasannya. setelah membaca kurang lebih 7 menit rekan saya itu langsung berubah air mukanya menjadi cerah dan relaks.

Silahkan sahabat mencoba metode ini !


 Salam

  

Arief

Tidak ada komentar:

Posting Komentar